Thursday, July 05, 2007

Seberapa Kecil Bumimu?

Dengan kemajuan teknologi komunikasi yang sangat hebat saat ini, tidak ada lagi jarak yang tidak dapat ditempuh di dunia ini. Hanya dalam hitungan detik, orang di belahan dunia yang berbeda bisa dapat saling berkomunikasi dengan lancar. Apa yang terjadi di suatu negara dapat diketahui saat itu juga oleh orang di negara-negara lain. Internet, wireless communication, satelit, dll telah membuat dunia ini menjadi kecil.

Namun sesungguhnya, bumi ini memanglah sangat kecil. Ia tak lain hanyalah setitik debu tak terlihat dalam mayapada alam semesta. Bumi dimana manusia tinggal bukanlah apa-apa dibandingkan ciptaan Allah SWT yang lainnya. Ada jutaan bahkan milyaran benda-benda angkasa lainnya yang memiliki ukuran jauh lebih besar daripada bumi.

Sekecil apakah bumi kita ini?

Perbandingan ukuran planet-planet di bawah ini akan membantu untuk memahaminya. Subhanallah !

Lalu bagaimanakah kita bisa mendongakkan kepala dan hati ini untuk congkak dan sombong? Astaghfirullah'aladzhiim...

Note: Posting ini aku buat dari Gelang Patah - Nusajaya, Johor Bahru di Malaysia. Merupakan posting pertama di luar Batam, yang juga kebetulan posting pertama dari luar negeri. Sekaligus bisa sebagai bukti bahwa jarak bukan lagi masalah dan bumi Allah ini memang kecil.

No comments: