Sunday, October 02, 2005

Harga BBM Resmi Naik (Lagi)

BBM naik lagi mulai 1 Oktober 2005. Sekarang bensin Rp. 4500/liter, solar jadi Rp. 4300/liter, terus minyak tanah Rp. 2000/liter, haaaaaahhhhhhhh......

Harga barang-barang kebutuhan merangkak naik, malah sebelum harga BBM diumumkan. Belum lagi berbagai keperluan vital seperti transportasi, listrik, ini-itu, segera menyusul. Kemaren saja naik taksi dari rumah yang biasanya hanya Rp. 2000 sudah menjadi Rp. 3000, naik 50% !!! Malah dengar-dengar dari Batu Aji ke Muka Kuning ditarik Rp. 4000 padahal sebelumnya hanya Rp. 2000 juga, naik 100% maaann....!!

Ada demonstrasi sopir angkutan kota juga. Mereka memblokir jalan dan melarang semua kendaraan roda empat lewat di pertigaan Barelang. Terpaksalah Pemko menurunkan bus Damri-nya dan Brimob menggunakan truknya untuk mengangkut para penumpang (yang sebagian besar adalah karyawan pabrik) menuju Muka Kuning. Karena jumlah bus/truk yang terbatas, terpaksalah sebagian besar berjalan kaki ! Fiuuhhh.... 4 kilometer yang berliku dan menanjak.

Masih bisakah rakyat Indonesia bertahan dalam kehidupan yang terasa semakin berat ini? Atau perlukah Pemerintah terus mengorbankan rakyatnya demi kelangsungan negeri yang sudah bangkrut ini?

"BBM naik tinggi, susu tak terbeli
orang pintar tarik subsidi,
bayi kami kurang gizi..."
(Iwan Fals dalam Galang Rambu Anarki)

No comments: