Friday, May 11, 2007

Renungan 165: Mengapa Harus 165 ?

Materi Renungan 165 yang Ke-1: Mengapa Harus 165?

65 saja tanpa 1
Orang yang percaya pada Allah (Rukun Iman), melaksanakan shalat dan puasa (Rukun Islam) tetapi tidak melaksanakan Nilai Dasar (Ihsan)
Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik. (Al Hasyr - 19)

5 saja tanpa 16
Seorang yang terkadang shalat, puasa, haji (Rukun Islam), tapi hatinya mengingkari, tidak ada iman (Rukun Iman) dan tidak mau berbuat kebaikan (Ihsan).
Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali. (An Nisaa' - 142)

1 saja tanpa 65
Orang yang berbuat kebaikan (menolong, membantu, jujur, tanggung jawab), tetapi tidak iman kepada Allah (Rukun Iman) dan tidak melaksanakan shalat (Rukun Islam).
Dan orang-orang yang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh-orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu ia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah di sisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah sangat cepat perhitunganNya. (An Nuur - 39)

16 saja tanpa 5
Orang yang berbuat baik menolong, membantu, jujur, tanggung jawab (Ihsan), percaya adanya Allah (Rukun Iman), tapi tidak shalat, zakat, puasa, dll (tidak melaksanakan Rukun Islam).
Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan. (Maryam - 59)

15 saja tanpa 6
Orang yang berbuat baik menolong, membantu, jujur, tanggung jawab (Ihsan), melakukan shalat, zakat, puasa, dll (Rukun Islam), namun tidak sungguh beriman kepada Allah (tidak melaksanakan Rukun Iman).
Orang-orang Arab Badui itu berkata: "Kami telah beriman". Katakanlah (kepada mereka): "Kamu belum beriman", tetapi katakanlah: "Kami telah tunduk", karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu dan jika kamu taat kepada Allah dan RasulNya, Dia tiada akan mengurangi sedikitpun (pahala) amalanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al Hujuraat - 14)

Tidak 165
Orang yang tidak berbuat kebaikan (Ihsan), tidak beriman kepada Allah (Rukun Iman) dan tidak melaksanakan shalat, zakat, puasa, dll (Rukun Islam).
Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. (Al A'raaf - 179)

Apa ciri Ksatria 165?
Tujuan dari The ESQ Way 165 adalah
  • memunculkan kebaikan (Ihsan)
  • mengajak beriman kepada Allah (Star Principle)
  • mengajak beriman kepada hari kemudian (Vision Principle)
  • mengajak beriman kepada malaikat (Angel Principle)
  • mengajak beriman kepada kitab-kitab (Learning Principle)
  • mengajak beriman kepada nabi-nabi (Leadership Principle)
  • memberi harta yang dicintai
  • mendirikan shalat
  • menunaikan zakat
  • menepati janji
  • orang-orang yang sabar
  • mereka orang-orang yang taqwa
Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintai kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan), dan orang-orang yang meminta-minta, dan (memeredekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat, dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa. (Al Baqarah - 177)

12 ciri manusia ESQ 165
  1. Hati dan pikirannya bersih. Mengaplikasikan 7 nilai dasar (jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli)
  2. Teguh, tidak mudah stress (meletakkan Allah dalam hatinya)
  3. Berbuat kebaikan dan suka menolong
  4. Mampu memimpin dirinya sendiri dan orang lain
  5. Suka belajar dan terus melakukan perbaikan
  6. Selalu berupaya maksimal mencapai tujuan
  7. Ikhlas dalam setiap peran dan hasil
  8. Semangat dan pantang menyerah
  9. Terus berlatih meningkatkan karakter positif
  10. Terus berupaya membuang karakter negatif
  11. Terus berlatif mengeluarkan potensi positif
  12. Mengeluarkan seluruh potensinya untuk kebaikan dan kemajuan
Pertanyaan yang harus direnungkan adalah "Seberapa 165-kah Anda?"

2 comments:

Anonymous said...

Here's a hypothetical question...

when you die, and you are asked this question by God;

'When you lived, how did you live as a moeslem?'

and will you be answering

'ohh.. that's easy! i lived the ESQ Way 165'

get my drift?

a_ardal said...

Thanks for your comment (or shall I say it concern?). However, it tickle my nerve's vein since I caught its between the lines.

I never, again NEVER, think that it will be my answer later. I know the answer, you know the answer, every Moslems knows the answer. But to answer those questions at 6 feet under, you can't simply reply them without any great implementations of what God asked you to do during your life period on earth. How do you live now will reflect to your answer later. Because it's not your mouth that will answer it, but your hands, your legs, your eyes... and you can't say anything then but only the truth.

ESQ is my way to dig down to the bottom and deepest soul and mind's needs as a Moslem. The ESQ Way 165 can't change the Islam religion I live in, Bro'.

BTW, have you ever went through the ESQ training? Your answer will give me a light in the tunnel of your identity, rather than only anonymous. Glad to have you here then...