Friday, September 14, 2007

Negara Taman

Salah satu yang menyenangkan mata jika berada di Singapore adalah melihat hijaunya tumbuh-tumbuhan, pepohonan, bunga-bunga, dan padang rumput hijau dimana pun kita berada. Bahkan di beberapa tempat dipenuhi dengan burung-burung yang terbang, berkicauan, dan bermain bebas tanpa ada yang mengusik. Tata letak bangunan dan fasilitas kota sangat diperhatikan sehingga menyenangkan untuk dilihat.

Beberapa photo berikut diambil saat dalam perjalanan dari Tuas Check Point (Imigrasi) ke Harbour Front. Lihatlah pepohonan di kiri kanan jalan yang rapi dan terawat dengan baik. Perhatikan juga bersihnya aspal jalan dan lapangnya jalur lalu lintas (photo diambil pukul 2 siang) sehingga sangat nyaman dilewati.

Padahal pembangunan berbagai fasilitas baru di sepanjang jalan itu terus dilakukan. Ada pembangunan gedung perkantoran, apartemen mewah, bahkan stasiun MRT baru. Namun sungguh berbeda dengan pengerjaan konstruksi di Indonesia (dan juga Malaysia) yang semrawut, pembangunan itu dilakukan dengan sangat rapi, tertutup, bersih, dan sangat terencana. Tidak akan nampak bagaimana pengerjaannya (kecuali kalau kita di jalan layang dan pembangunannya di tempat yang lebih rendah) karena sekeliling area ditutup dengan seng atau plastik rapi. Tidak akan nampak truk-truk lewat membawa tanah berceceran karena truk tersebut wajib menutup bagian atasnya (jika ada tanah berceceran di jalan, pihak konstruksi akan terkena denda yang tinggi). Tidak akan nampak jalan yang kotor atau rusak dilewati alat-alat berat. Tidak ada penebangan pohon atau perataan wilayah tanpa mempertimbangkan faktor keindahan penghijauan, dsb. Hasilnya adalah pembangunan yang rapi, sesuai site plan, tepat waktu dan memperhatikan lingkungan.

Kapan ya kota-kota di Indonesia bisa menjadi kota taman seperti Singapore?

No comments: