Thursday, October 18, 2007

Pasar Malam Gelang Patah

Ada pasar dadakan di Gelang Patah setiap Selasa malam. Lokasinya di jalan depan jejeran salah satu pertokoan di sana, dekat halte bus dan pusat jajan. Disebut pasar malam karena hanya dibuka mulai sore pukul 5 sampai 10 setiap Selasa malam saja.

Ini suasana jalan di siang hari-hari biasa:

Dan ini suasananya pada Selasa malam:
(photo belum diambil, tunggu Selasa depan ya...)

Para pedagang menggelar barang dagangannya di lapak-lapak bongkar pasang, dilindungi tenda terpal/plastik, serta diterangi cahaya lampu bersumberkan generator. Sangat bervariasi dagangannya, mulai dari ikat rambut, gunting kuku, tas pakaian, buah-buahan, makanan kecil sampai besar (seperti ayam bakar utuh), mainan anak-anak, minuman, alat-alat dapur, voucher top-up pasca bayar, bumbu-bumbu, sayuran, sampai ke ikan/daging segar, semua ada tersedia. Karena itulah setiap Selasa malam pasar ini ramai dikunjungi warga sekitar. Apalagi harganya cukup bersaing dengan harga di kedai runcit (warung kelontong), sehingga banyak juga yang membeli kebutuhan mingguannya di sini.

Kalau aku ke sana, yang kunikmati adalah suasananya. Rasanya seru aja jalan kaki malam-malam, berada di tengah-tengah arus manusia yang sedang melihat-lihat atau bertransaksi, sambil mengudap makanan kecil, diterangi cahaya lampu dari setiap lapak (dan kalau beruntung, cahaya bulan purnama), menghirup aroma pasar (ingat waktu jalan ke Pekanbaru ini), sambil ngobrol dengan teman-teman.

Itulah juga kesan yang ditangkap Mama Ani dan ADA saat mereka kuajak ke pasar malam minggu lalu. Mereka senang sekali berada di sana, melihat-lihat dan membeli beberapa barang yang diminati. Itulah kenapa tadi malam mereka kembali mengajak pergi ke sana. Tidak ada barang yang ingin dibeli sebenarnya, tapi hanya ingin merasakan suasananya saja. Jadi meski agak mendung dan baru saja selesai hari Raya (sehingga jumlah pedagang dan pengunjung berkurang), tetap saja menyenangkan bagi kami jalan-jalan di sana. Murah, meriah dan menyenangkan!

No comments: