Friday, February 22, 2008

Mee Rebus & Otak-Otak

Inilah mee rebus (mie rebus) paling terkenal seantero Johor Bahru: mee rebus Haji Wahid. Saking terkenalnya, zaman PM Mahathir Mohammad masih berkuasa, pemilik restoran ini adalah salah satu yang wajib disibukkan untuk menyediakan mee rebus jika sang PM melakukan kunjungan kerja ke JB. Ternyata, Dr M doyan banget dengan mee rebus ini! Jadi jangan heran jika suatu waktu Anda melihat antrian panjang pembeli di 3 outlet mee rebus di JB, maka itu pasti adalah mee rebus Haji Wahid.

Dibuka sejak tahun 1918, restoran mee rebus ini telah dikelola oleh generasi ke 3 sekarang. Saat ini Encik A. Halim Wahid adalah sang cucu penerus yang menjaga keaslian resep istimewa sang kakek.

Sebenarnya isi sepiring mee rebus ini sama saja dengan mee rebus yang lain. Mie kuning dan tauge disirami kuah pekatan kentang, lalu dibumbui dengan telur rebus, serbuk udang kering goreng, cabe hijau besar, kecap dan cairan bawang putih plus jeruk (jika suka). Tapi rasanya, hmmm... sungguh terasa berbeda! Jika Anda pecinta kuliner Melayu, pasti kepincut! :) Apalagi harganya terjangkau banget, RM 3 saja satu piring.

Di tempat yang sama, juga tersedia satu penganan khas Melayu bernama otak-otak. Biasanya orang menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasar utama, namun di Haji Wahid's Restaurant isi otak-otaknya adalah sotong. Dibalut daun kelapa, dibakar, lalu dimakan hangat-hangat, wuih... sedaaaap sekali! Rasa sotong dan bumbunya begitu menyatu dan mak nyuuuusss di mulut, hehehe... Mama Ani bilang, this is the best otak-otak ever! :) Harganya? RM 5 untuk 10 buah.

O iya, silakan ke outlet makanan di lantai dasar Angsana Plaza untuk menemukan mee rebus Haji Wahid ini. Di dua outlet-nya yang lain (Stulang Laut dan Tepian Tebrau) kata orang juga 'power punya!'

No comments: