Wednesday, February 13, 2008

Surau-Surau di Fasilitas Publik Malaysia

Miris dengan tempat sholat di Hi-Tech Mall Surabaya dalam salah satu postingan Wahida, aku malah dikasih tugas memotret surau di salah satu plaza di JB oleh si Mbak ini. Lantaran jarang main ke plaza dimaksud maka baru sekarang punya gambarnya.

Sekalian saja saat ke KL minggu lalu, aku ambil juga gambar surau di terminal bus Pudu Raya dan salah satu dari surau di Genting Highland. Yang lain segera menyusul jika ada.

Angsana Plaza
Surau ini luas, adem, bersih dan fasilitasnya cukup lengkap. Bahkan punya ruang khusus untuk penjaga surau dan tempat berganti pakaian di dalam surau. Tempat wudhu ada 2, di dalam dan di luar. Terpisah oleh gorden di ujung adalah tempat shalat wanita.

Genting Highland
Daya tampungnya tidak banyak, untuk sekitar 10 orang saja jika shalat berjamaah. Yang terasa ngga' afdhol adalah letak tempat wudhu (di dalam) yang berada di arah kiblat, sehingga orang shalat menghadap ke situ. Tempat shalat wanita terpisah. Ada beberapa surau di sekitar arena permainan dan taman di Genting ini yang dapat dipergunakan untuk shalat. Pesannya jelas: jangan lupa shalat meski sedang seru-serunya bermain di fasilitas hiburan yang ada.

Pudu Raya Terminal
Melihat tempatnya yang di atas terminal bus (di lantai 4), awalnya terpikir surau yang sederhana. Ternyata cukup bagus, luas dan memiliki tempat penitipan barang/sepatu. Di balik pintu kaca bergorden hijau di sebelah kiri adalah tempat shalat wanita yang sama juga luasnya. Di bagian luar ada teras 2 meteran sepanjang lebar surau untuk duduk-duduk atau tiduran bagi orang yang ingin istirahat.

No comments: